Komunitas lele sangkuriang, tempat sharing, berkumpul, bertukar pendapat sesama pecinta lele sangkuriang

Sabtu, 12 September 2015

Dilema Petani Lele - Menekan Ongkos Kerja Vs Menaikan Harga Jual

Kenapa banyak petani lele kurang sukses menggeluti bisnis yang satu ini? padahal berbagai hal sudah dilakukan. dari mulai memperbanyak kolam, perbaikan pakan, dll. tapi ujung-ujungnya rugi juga. Ditambah lagi berbagai macam persoalan yang masih juga belum ketemu solusia, misal: Ternak lele pake full pelet untungnya tipis, pake alternatif tidak bisa mencapai target produksi.


Analisis, Artikel, Fakta dan Data, Kendala/Penyakit, Pakan Alternatif, Pakan Lele, Pemasaran,

Kebanyakan petani mencari solusi pakan alternatif untuk menekan ongkos produksi untuk meningkatkan keuntungan. namun efeknya adalah lele menjadi makanan kelas dua yang selalu terpinggirikan oleh komoditas ikan-ikan lain, misah Ikan mas, nila, dan gurame. padahal dari segi rasa lele memiliki cita rasa yang tidak terlalu berbeda, malah mungkin memiliki cita rasa khas yang tidak bisa dibandingkan dengan ikan lain.

Ada yang pernah menjelaskan pada saya bahwasannya Harga pelet itu ditetapkan berdasarkan harga bahan baku pembuatan. Bahan baku pelet (jenis apapun biasanya) adalah berasal dari import. jadi secara tidak langsung harga pelet itu standarisasinya adalah import.


Analisis, Artikel, Fakta dan Data, Kendala/Penyakit, Pakan Alternatif, Pakan Lele, Pemasaran,

Jadi selama harga lele masih menggunakan harga lokal, maka keuntungan yang didapat akan selalu tipis. Nah lalu supaya bisa untung dalam bisnis lele dan bisa menjaga keberlangsungan bisnis ini seperti apa? solusinya adalah menggunakan standar harga import juga dalam menjual lele. 

Intinya Usahakan:
Pakan Standar Import = Harga Jual Standar Import
Pakan Standar Lokal = Harga Jual Standar Import
Pakan Standar Lokal = Harga Jual Standar Lokal

Bagaimana????
  1. Bangun Komunitas/Jaringan yang kuat, pakai prinsip berjamaah jangan pake prinsip penjajah (tau lah yah kayak gimana)
  2. Jaga Kualitas, dan Stok. Smakin bagus stok tersedia, maka akan mudah mengendalikan harga, karena fluktuasi harga terjadi karena tidak terjaganya pasokan.
    Bisa dipelajari dari sistem Ayam Broiler
  3. Buat menjadi bentuk lain yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi
  4. Lain-lain (silahkan share solusi yang lain ya ...)

 Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini
Salam Patilers

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Dilema Petani Lele - Menekan Ongkos Kerja Vs Menaikan Harga Jual

1 komentar:

  1. Do you want to set Hitbtc exchange account recovery issues? What are the viable steps to make it? If you don’t have recommendations related to the error, you can dial Hitbtc customer support number 1-800-665-6722 and speak to the team of elite gemstones who is always at your service. The professionals are always there to resolve your issues and have all the modern methodologies and procedures that can fix all sort of issues whether slight or arduous in the least possible time.

    BalasHapus